Pelatihan Praktikum Reportase TV Post Productions

Pelatihan Praktikum Reportase TV Post Productions

Pada hari Rabu 30 Januari 2019 telah dilaksanakan Pelatihan Praktikum Reportase TV Post Productions oleh Pemerintah Kota Surabaya ( PEMKOT ) yang bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya ( STIKOSA-AWS ). Pelatihan ini bertempat di PEMKOT Surabaya dan berlanjut di Kampus STIKOSA-AWS, dihadiri oleh karyawan dan karyawati Bidang Informasi dan Komunikasi Publik PEMKOT Surabaya yang berjumlah 14 orang.

Pelatihan praktikum reportase TV Post Productions merupakan salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya ( PEMKOT ) dalam progam kerja Bidang Informasi dan Komunikasi Publik untuk seluruh karyawan yang bekerja di dalam bidang IKP PEMKOT Surabaya. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali karyawan Bidang IKP, mengenai ilmu Reportase TV Post Productions yakni ilmu dasar bidang reportase, penyiaran dan produksi televisi.

Acara dihari pertama bertempat di Pemerintah Kota Surabaya yaitu Pelatihan Praktikum Reportase TV Post Productions dengan narasumber oleh Dra. Sri Puri Surjandari, M. Si yang memiliki jabatan sebagai Kepala Bidang IKP (Informasi dan Komunikasi Publik ) dan juga Dosen STIKOSA-AWS dan kemudian berlanjut di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya ( STIKOSA-AWS ) untuk Praktikum secara langsung di Laboratorium Televisi AWS yang didampingi oleh Dr. Ismojo Herdono,Drs. M.Med.Kom Ketua STIKOSA-AWS dan crew dari STIKOSA-AWS.

Pelatihan Praktikum Reportase TV Post Productions sendiri merupakan pelatihan yang sangat penting bagi karyawan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Kota Surabaya sebagai bekal dalam melakukan pekerjaan dan melaksanakan progam kerja juga meningkatkan kinerja karyawan. Pelatihan Pelatihan Praktikum Reportase TV Post Productions juga menjadi bagian yang sudah seyogyanya diberikan kepada karyawan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik untuk membekali mereka ilmu-ilmu dalam proses mencari dan menyajikan informasi untuk disiarkan melalui salah satu media informasi yakni televisi.

Agar materi yang disampaikan dapat terserap langsung oleh karyawan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, maka pemberian materi didampingi dengan adanya simulasi. Praktik secara langsung diadakan di Kampus STIKOSA_AWS yang di selenggarakan di Laboratorium Televisi AWS, pihak STIKOSA-AWS memberi kesempatan untuk melihat siaran langsung dari presenter sehingga karyawan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik paham cara kerja siaran dalam televisi. Simulasi dari Pelatihan Praktikum Reportase TV Post Productions ini adalah karyawan melakukan simulasi peliputan sebuah acara yang melibatkan seorang reporter, presenter, narasumber juga programmer dan kameramen. Dari simulasi tersebut, masing-masing karyawan diminta untuk berperan sebagai reporter, presenter dan narasumber juga programmer dan kameramen dipandu oleh Dr. Ismojo Herdono,Drs. M.Med.Kom Ketua STIKOSA-AWS dan crew dari STIKOSA-AWS agar paham tatacara yang benar dalam mencari dan menyajikan informasi juga melakukan produksi televisi.

Selain simulasi, para karyawan diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan. Tanya jawab ini diperuntukkan agar mereka dapat memahami seutuhnya materi terkait. Antusiasme peserta pada Pelatihan Praktikum Reportase TV Post Productions ini sangat tinggi terlihat dari banyaknya peserta yang aktif bertanya serta keaktifan peserta saat simulasi berlangsung.