Journalistic

 

Kompetensi Utama

  • Memiliki pengetahuan umum tentang sistem sosial, budaya, hukum, ekonomi dan politik khususnya dalam konteks nasional.
  • Memiliki pengetahuan komunikasi massa dan keterampilan melakukan berbagai teknik riset media massa.
  • Memiliki kemampuan persuasi dan komunikasi antarpribadi dalam menjalin hubungan dengan sumber berita.
  • Memiliki kemampuan dalam mewawancarai, menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi berita baik cetak maupun elektronik
  • Memiliki kesadaran dan kemampuan dalam menggunakan teknologi komunikasi, informasi dan fotografi  untuk mengoptimalkan praktik jurnalistik.
  • Memiliki kesadaran dan pengetahuan etis, sistem hukum pers dan sistem kehidupan sosial masyarakat.

Struktur Mata Kuliah

Keterangan:

  • Mata Kuliah Jurnalistik berwarna Hijau
  • Syarat lulus 146 SKS

Fasilitas

  1. Laboratorium Newsroom yang berfungsi sebagai tempat latihan eksplorasi, penulisan dan pengiriman berita yang dilengkapi dengan perangkat teknologi komunikasi dan informasi yang   memenuhi stnadar minimal opersional komunikasi online dan cetak .
  2. Laboratorium Fotografi, yang berfungsi untuk mendesain, mengedit dan memproduksi karya foto jurnalistik.
  3. Laboratorium Radio, sebagai tempat latihan mahasiswa mendesain, memproduksi, dan menyiarkan isi program berita/jurnalistik kepada masyarakat dengan sarana teknologi yang sekurang-kurangnya memenuhi standar minimal operasional penyiaran radio.
  4. Laboratorium Televisi, sebagai tempat latihan mahasiswa mendesain, memproduksi, dan menayangkan isi program berita/jurnalistik kepada masyarakat dengan sarana teknologi yang sekurang-kurangnya memenuhi standar minimal operasional penyiaran televisi.  

Profil Lulusan

Program Studi ini  mencetak sarjana jurnalistik yang memiliki pengetahuan  dan keterampilan dalam  menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi  berita  dalam kerangka etika dan hukum media massa. Lulusan program studi ini juga  diharapkan memiliki kesadaran teknologi yang  mempengaruhi praktik jurnalistik yang berlaku dalam berbagai situasi dan saluran media massa,  mulai surat kabar, penyiaran radio, penyiaran televisi  hingga surat kabar/majalah elektronik. Bidang pekerjaan utama lulusan program ini adalah menjadi jurnalis/wartawan  baik media cetak maupun elektronik. Bidang karir lain yang dapat ditekuni adalah  Periset Media, Fotografer, dan Pengajar Jurnalistik.