Public Relations

Kompetensi Utama

  • Memiliki Kesadaran tentang posisi dan fungsi Humas di masyarakat,
  •  Memiliki pemahaman  menyeluruh tentang praktik Humas dalam berbagai setting organisasi baik pemerintah, swasta atau LSM.
  • Mampu mengelola media dan program komunikasi kehumasan
  • Memiliki kemampuan melakukan riset opini publik, citra dan kampanye untuk mengembangkan hubungan berdasarkan goodwill.
  • Memiliki kemampuan komunikasi lisan, menulis, melakukan riset, merencanakan dan menangani krisis komunikasi, konflik dan  masalah komunikasi korporat.
  • Memiliki kemampuan menggunakan keterampilan komunikasi untuk membangun hubungan dengan komunitas media , pemerintah dan berbagai publik terkait
  • Memiliki keterampilan menggunakan teknologi komunikasi yang terakit dengan bidang penerapan humas termasuk Cyber Public Relations
  • Memiliki komitmen  bekerja  secara etis untuk mengembangkan model kerja humas yang profesional. 

Struktur Mata Kuliah

Keterangan:

  • Mata Kuliah Public Relations berwarna oranye
  • Syarat lulus 146 SKS

Fasilitas

  1. Public Relations Room merupakan laboratorium yang berfungsi sebagai office model dan studio mini untuk latihan pelaksanaan aktivitas hubungan masyarakat (konferensi pers), dan  merancang serta membuat produk-produk yang menjadi tools hubungan masyarakat, dengan kelengkapan teknologi multimedia yang memenuhi standar minimal operasional PR konvensional, elektronik dan online.
  2. Laboratorium multimedia yang berfungsi sebagai ruang praktek penulisan PR, pembuatan media PR, perencanaan program PR (special event, kampanye) dan riset PR.
  3. Laboratorium fotografi PR yang berfungsi sebagai ruang praktek pembuatan Foto dan dokumentasi PR.

Profil Lulusan

Lulusan program studi ini  diharapkan memiliki pemahaman menyeluruh tentang  aspek teoritis dan praktis dari pekerjaan Hubungan Masyarakat dalam berbagai setting organisasi, memiliki keterampilan komunikasi  lisan dan  tulisan, serta terampil dalam  melakukan riset opini publik, pencitraan, pemecahan masalah, dan kampanye untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai publik terkait. Dengan bekal kemampuan tersebut maka lulusan program studi ini diharapkan dapat berkarir sebagai Public Relations Officer, Media Relations Officer, Staf Corporate Social Responsibility, Konsultan PR, Negosiator, Liason dan Mediation Officer, Internal Corporate Media Officer, Public Opinion Researcher.