Prodi Ilmu Komunikasi
S1 Ilmu Komunikasi
Ringkasan
Prodi Ilmu Komunikasi Stikosa-AWS memiliki 2 peminatan yaitu Digital Broadcasting Journalism dan Digital Public Relations.
Digital Broadcasting Journalism
Digital Broadcasting Journalism merupakan sebuah bentuk kontemporer jurnalisme penyiaran yang terdapat konten editorial untuk didistribusikan melalui internet. Pengembangan peminatan Digital Broadcasting Journalism di Stikosa-AWS, diharapkan mampu menjawab permasalahan dan kebutuhan masyarakat akan jurnalis penyiaran yang memiliki kemampuan jurnalistik handal berupa pengelolaan data informasi hingga memproduksi pesan untuk disiarkan kepada masyarakat melalui teknologi terkini. Konten informasi yang disajikan dapat berbentuk teks, audio, video, ataupun beberapa bentuk interaktif lainnya.
Mahasiswa dituntut mampu:
- Melakukan wawancara jurnalistik
- Melaporkan berita
- Menguasai teknik vokal
- Menguasai teknik produksi dan mengedit video
- Mengoperasionalkan master control room
- Menguasai riset pemasaran media
- Memahami kode etik dan hukum media
Pengetahuan
- TV & Radio News Presenting
- Jurnalisme Data & Investigasi
- Digital Content Creator
- Creative Audio Video
- Manajemen Media Broadcasting Journalism
- Sinematografi
- Digital News Reportase
- Riset Komunikasi
- Kode Etik dan Hukum Media
- Creative Writing
Terampil
- Fotografi Jurnalistik
- Media & Creative ideas
- Komunikasi Grafis
- Riset media & Khalayak
Digital Public Relations
Digital Public Relations merupakan pengembangan dari public relations tradisional. Dimana letak perbedaannya berada pada media yang digunakan. Fokus dalam peminatan ini adalah membangun brand atau persuasi publik secara digital melalui media berbasis web. Pengembangan peminatan Digital Public Relations diharapkan mampu untuk memenuhi dinamika dunia industri saat ini yang mulai bergeser menuju pada era digitalisasi media.
Mahasiswa dituntut mampu
- Menganalisis krisis manajemen PR
- Menyusun program digital public relations
- Menyusun program pemasaran digital
- Menguasai teknik public speaking
- Menguasai riset pemasaran media
- Menyusun program kampanye digital PR
- Menguasai analisis riset sosial media
- Memahami kode etik PR
Pengetahuan
- Public Relations Strategic
- Advertising Management
- Digital Integrated Marketing Communication
- MICE
- Management Digital PR
- Komunikasi Fotografis
- Creative Writing
- Social Design Thinking
- Public Speaking
- Creative For Media Communication
Terampil
- Fotografi Jurnalistik
- Media & Creative ideas
- Komunikasi Grafis
- Riset media & Khalayak
Visi
Menghasilkan sarjana Ilmu Komunikasi yang berwawasan global, kreatif, inovatif, berjiwa wirausaha, dan menguasai teknologi informasi komunikasi di bidang Digital Broadcasting Journalism dan Digital Public Relation pada Tahun 2027.
Misi
- Mengembangkan pemahaman mendalam tentang dinamika komunikasi lintas budaya dan media global melalui kurikulum yang terintegrasi, kerjasama internasional, dan pengalaman belajar yang relevan.
- Mengembangkan lulusan yang memiliki pemahaman mendalam tentang teori dan praktik komunikasi serta mampu menerapkannya secara kreatif dalam berbagai konteks.
- Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan lulusan dalam menerapkan inovasi dan teknologi terbaru dalam bidang komunikasi.
- Mengembangkan lulusan yang memiliki keterampilan kewirausahaan yang tangguh, mampu berinovasi dalam industri komunikasi, atau siap untuk memimpin bisnis komunikasi.
- Mengembangkan keterampilan praktis dalam mengoperasikan perangkat dan platform terkait dengan digital broadcasting journalism dan digital public relations.
Skema Kurikulum
Mata kuliah
Pendidikan Agama | 3 |
Pancasila dan Kewarganegaraan | 3 |
Bahasa Indonesia Jurnalistik | 3 |
Pengantar Ilmu Komunikasi | 3 |
Dasar-Dasar Broadcast Journalism | 3 |
Dasar-Dasar Public Relations | 3 |
Bahasa Inggris 1 | 3 |
Total SKS Wajib 21